Senin, 18 November 2013

 22.39      No comments









1.      PROFIL PERUSAHAAN
PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Sejak Juni 2007, maskapai ini, bersama dengan maskapai Indonesia lainnya, dilarang menerbangi rute Eropa karena alasan keselamatan. Namun, larangan ini dicabut dua tahun kemudian, tahun 2009. Setahun sebelumnya, maskapai ini telah menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari IATA, yang berarti bahwa Garuda telah seluruhnya memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional. Garuda masuk dalam daftar maskapai bintang empat dari Skytrax, yang berarti memiliki kinerja dan pelayanan yang bagus.Tahun 2014 Garuda akan bergabung dengan aliansi penerbangan SkyTeam.Pada 2012, Garuda Indonesia mendapat penghargaan Best International Airline di antara maskapai-maskapai kelas dunia lainnya dengan 91 persen penumpang menyatakan sangat puas dengan pelayanan maskapai ini.[5] Garuda juga merupakan sponsor SEA Games 2011 dan telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Liverpool FC Inggris. Pada tahun 2013 Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan "World Best Economic Class" dan "World Best Economic Seat Class". Garuda Indonesia menepati posisi ke 8 sebagai maskapai penerbangan terbaik versi Skytrax Bulan Agustus Garuda Indonesia akan membuka rute baru ke Papua Nugini
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. adalah maskapai pertama dan terbesar di Indonesia, Dengan pendekatan berorientasi “melayani”, Garuda Indonesia bertujuan menjadi penyedia layanan terdepan bagi wisatawan di negara ini sekaligus menyediakan layanan pengiriman barang melalui udara. Grup Garuda Indonesia pada saat ini memiliki lima anak perusahaan yakni PT Aerowisata, PT GMF Aero Asia, PT Abacus Distribution System, PT Gapura Angkasa dan PT Aero System Indonesia.
Visi dan Misi Perusahaan. Sebagai perusahan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan pelayanan yang profesional.



2.      PEMEGANG OTORITAS (STAKEHOLDER)
a.       PROFIL DEWAN KOMITE
Komite Audit
Ketua
Betti Alisjahbana
Anggota
Chaerul D. Djakman
Prasetyo Suhardi
Komite Nominasi, Remunerasi, dan Tata Kelola Perusahaan
Ketua
Wendy Aritenang
Wakil Ketua
Sonatha Halim Yusuf
Anggota
G. Suprayitno
Komite Pengembangan Usaha dan Pemantauan Resiko
Ketua
Peter F. Gontha
Wakil Ketua
Bambang Wahyudi
Anggota
Asril Fitri Syamas
Ahmad Ridwan Dalimunthe
b.      Profil Dewan Komisaris
 Presiden Komisaris      : 1 . Bambang Susantono
 Komisaris Indepen      : 1 . Betti Alijahbana
  2 . Peter F. Gontha 
Komisaris                    : 1 .  Bambang wahudi
                                       2 . Sonatha Halim Jusuf
                                       3 . Wendi Aritenang






c.       Profil Dewan Direksi
Direktur utama                                                 : Emirsyah Satar
Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada       : Batara Silaban
Direktur Layanan                                             : Faik Fahmi
Drektur Keuangan                                            : Handrito Hardjono
Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum    : Heriyanto Agung Putro
Direktur Operasional                                        : Novijanto Heru Pratomo
Direktur Strategi Pengembangan bisnis dan
Manajemen Resiko                                           : Judi Rivajanto

3.      BENTUK KEPEMILIKAN PERUSAHAAN
Perusahaan garuda indonesia adalah perusahaan persero yaitu Badan Usaha yang di kelola oleh Negara. Tujuan dari dibentuknya Garuda Indonesia adalah mencari keuntungan dan memberi pelayanan kepada umum. Modal pendiriannya berasal dari sebagian atau seluruh kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham dan dipimpin oleh Direksi. Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta. Perusahaan ini tidak memperoleh fasilitas negara.
4.      Etika dan Tanggungjawab Sosial 
Garuda Indonesia melakukan Etika bisnis dan Etika kerja yang baik Tata Nilai Perusahaan Garuda Indonesia telah mengumandangkan 5 (lima) nilai-nilai Perusahaan, yaitu eFficient & effective; Loyalty; customer centricitY; Honesty & Openness dan Integrity yang disingkat menjadi “FLY HI” sejak tahun 2007, dilanjutkan dengan rumusan code of conduct yang diluncurkan pada tahun 2008. Tata nilai FLY HI dan etika Perusahaan merupakan soft structure dalam membangun Budaya Perusahaan sebagai pendekatan yang digunakan Garuda untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik. Etika Bisnis dan Etika Kerja Pada tahun 2011, Perusahaan menetapkan etika bisnis & etika kerja perusahaan melalui Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No. JKTDZ/SKEP/50023/11 tanggal 11 Maret 2011. Etika bisnis dan etika kerja tersebut merupakan hasil penyempurnaan dari pedoman perilaku (code of conduct) yang diterbitkan melalui Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No.JKTDZ/SKEP/50002/08 tanggal 14 Januari 2008 tentang Nilai-nilai Perusahan dan Pedoman Perilaku (code of conduct) Insan Garuda Indonesia. Penyempurnaan dilakukan berdasarkan umpan balik dari hasil proses implementasi internalisasi serta rekomendasi hasil GCG assessment tahun 2009. Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan merupakan himpunan perilaku-perilaku yang harus ditampilkan dan perilaku-perilaku yang harus dihindari oleh setiap Insan Garuda Indonesia. Etika dan perilaku tersebut dalam hubungannya dengan: 1. Hubungan Sesama Insan Garuda. 2. Hubungan dengan Pelanggan, Pemegang Saham dan Mitra Usaha serta Pesaing. 3. Kepatuhan Dalam Bekerja, mencakup Transparansi Komunikasi dan Laporan Keuangan; Penanganan Benturan Kepentingan; Pengendalian Gratifikasi; Perlindungan Tehadap Aset Perusahaan dan Perlindungan Terhadap Rahasia Perusahaan. 4. Tanggung jawab Kepada Masyarakat, Pemerintah dan Lingkungan. 5. Penegakan Etika Bisnis dan Etika Kerja mencakup: Pelaporan Pelanggaran; Sanksi Atas Pelanggaran; Sosialisasi dan Pakta Integritas. Tata nilai, etika bisnis dan etika kerja merupakan tanggung jawab seluruh Insan Garuda Indonesia, seperti yang dinyatakan oleh Direktur Utama dan Komisaris Utama Perusahaan dalam Buku Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan serta sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No. JKTDZ/SKEP/50023/11 tanggal 11 Maret 2011, ketetapan ketiga bahwa seluruh pegawai Perusahaan wajib memahmai, menerapkan dan melaksanakan Etika Bisnis dan Etika Kerja serta menandatangani “Pernyataan Pakta Integritas Kepatuhan Terhadap Etika Perusahaan.” Internalisasi nilai-nilai dan etika Perusahaan dilakukan secara intensif melalui berbagai saluran komunikasi, pelatihan dan terintegrasi dengan sistem penilaian pegawai. Sosialisasi melalui saluran komunikasi internal perusahaan baik cetak maupun elektronik, tatap muka dan diskusi ke semua Unit Kerja baik di kantor Pusat maupun di Kantor Cabang serta melalui program pelatihan. Melalui proses sosialisasi, pada tahun 2011 ini jumlah pegawai yang telah menandatangani lembar komitmen kepatuhan terhadap etika Perusahaan telah mencapai 2.980 pegawai dari berbagai profesi dan unit kerja. Jumlah tersebut berarti sudah mencapai lebih dari separuh dari total pegawai Perusahaan. Perusahaan mengimplementasikan whistleblowing system sebagai alat manajemen untuk membantu Penegakan etika perusahaan. Melalui sistem ini diharapkan semua pemangku kepentingan mau melaporkan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan oleh oknum pegawai Garuda. Etika Bisnis dan Etika Kerja serta whistleblowing system disosialisasikan pula kepada Mitra Usaha sehingga Mitra usaha dapat membantu proses penegakkan etika di Perusahaan serta bersama-sama menciptakan lingkungan bisnis yang bersih dan bermartabat. Budaya Perusahaan Tata nilai “FLY HI” dan etika Perusahaan merupakan soft structure untuk membangun Budaya Perusahaan sebagai pendekatan yang digunakan Garuda untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).
            Tanggungjawab sosial garuda indonesia
1.      Hubungan kepada insan garuda
a.       Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif
b.      Memciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman
c.       Menghormati hak – hak insan garuda serta membantu mewujudkan kesejahteraan insan garuda sesuai dengan kemampuan perusahaan.
2.      Hubungan dengan pelanggan
a.       Memenuhi semua komitmen yang telah dipublikasikan kepada pelanggan.
b.      Memberikan layanan optimal dengan tidak membedakan suku,  agama, ras, warna kulit dan status sosial.
c.       Memberikan kemudahan akses pemesanan dan transaksi layanan penerbangan perusahaan.
d.      Memenuhi ketepatan  jadwal  penerbangan pelanggan.
e.       Menangani keluhan pelanggan dengan memberikan solusi terbaik.
3.      Hubungan dengan mitra kerja (pemasok)
a.       Memberikan data  dan informasi spesiikasi teknis dan   persyaratan lainnya yang ditetapkan   dengan      akurat sesuai  dengan tahapan proses pengadaan.
b.      Memilih pemasok  sesuai  dengan  kriteria yang ditetapkan
c.       Melakukan            proses pengadaan sesuai dengan peraturan   pengadaan yang berlaku dan prinsip- prinsip GCG.
d.      Memberikan akses yang sama kepada produsen   baik usaha mikro, kecil,           dan     menengah dan koperasi,termasuk  perusahaan anak,        sebagai pemasok.
e.       Menghindari benturan kepentingan dan melarang mengarahkan kepada pemasok yang pemilik dan atau pengurusnya memiliki hubungan ailiasi dengan Perusahaan.
4.      Hubungan dengan pemegang saham
a.       Memenuhi setiap ha- hak pemegang saham secara adil sesuai dengan perjanjian kerjasama.
b.      Memberikan informasi yang akurat tentang perusahaan.
c.       Menjalin kerjasama yang baik dengan pemegang saham.
5.      Hubungan dengan pesaing
a.       Membangun pasar terbuka untuk perdagangan dan investasi
b.      Membangun kompetisi yang sehat dan bermanfaat secara sosial dan perilaku menghormati sesama pesaing.
c.       Menghormati hak cipta dan karya pesaing.
6.      Hubungan dengan lingkungan
a.       Ikud berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dan mengurangi pemanasan global. 2008-2012
b.      Reforestasi Taman Nasional Sebangau Kerjasama Garuda Indonesia dan WWF-Indonesia 2008-2012
c.       Mengurangi emisi dan menjaga lingkungan tetap lestari dengan pembaharuan armada Garuda Indonesia yang lebih ramah lingkungan
d.      Membangun bangunan perkantoran yang ramah lingkungan serta hemat energi
e.       Membuat penangkaran penyu (turtle conservation) di Gili Trawangan,NTB
5.      Penentuan harga pasar

Kelas Utama

Kelas utama tersedia pada pesawat B777-300ER. Akan tersedia 8 kursi kelas utama dengan konfigurasi 1-2-1. Kabin kelas utama akan dilengkapi dengan 23" AVOD dan kursi yang dapat disandarkan hingga 180 derajat menjadi flat-bed.

Kelas Eksekutif

Pesawat A330 (seri -200 dan -300) memiliki produk kelas eksekutif baru dengan Flat-Bed seats yang memiliki ruang kaki 74" dan dapat disandarkan hingga 180 derajat. Kursi ini memiliki sandaran tangan 11 inci,layar sentuh LCD dengan AVOD di setiap kursi, colokan laptop pribadi, dan lampu baca pribadi.
Pesawat Boeing 747-400 dan Boeing 737 masih menggunakan kursi eksekutif lama. Boeing 747–400 memiliki ruang kaki 46"-48" dengan panjang kursi 16". Sementara di Boeing 737 , termasuk seri -300, -400, -500, dan seri -800 yang terbaru memiliki ruang kaki 41" to 44" dengan panjang 19". Di beberapa pesawat, tersedia TV di setiap kursi.

Kelas Ekonomi

Tersedia di semua pesawat. Ruang kaki terdiri dari 30" hingga 35" tergantung jenis pesawat, dengan panjang kursi 17". Pesawat Airbus A330-200, Airbus A330-300 aircraft dan Boeing 737-800 yang lebih baru memiliki kursi kelas ekonomi yang lebih baru yang menawarkan layar sentuh LCD 9-inci dengan AVOD.
Makanan dan minuman ditawarkan tergantung lamanya penerbangan. Anggur dan bir juga ditawarkan dalam penerbangan internasional.

Dari kota
tujuan
harga






Jakarta
Pekanbaru
825.600
Jogjakarta
602.300
Solo
602.300
Semarang
602.300
Surabaya
602.300
Malang
702.400
Denpasar
731.000
Mataram
966.400
Kupang
1.438.300
Balik Papan
885.00
Banjarmasin
755.200
Pontianak
751.900
Palangkaraya
767.300
Lampung
472.500
Pangkal Pinang
579.200
Palembang
518.700
Jambi
790.400
Padang
778.300
Batam
852.600
Medan
930.100
Banda Aceh
1.169.900
Makasar
1.073..100
Kendari
1.288.700

1.367.900
Jayapura
2.267.700
Biak
2.520.700
Timika
3.339.500

6.      Keunggulan kompetitif
Perusahaan garuda indonesia mempunyai keunggulan kompetitif yang dapat bersaing dengan maskapai penerbangan lain dengan cara :
1.      Konsep layanan yang selalu menempatkan pelanggan sebagai fokus utama yang didasarkan keramah tamahan dan keunikan Indonesia yang disebut dengan “Garuda Indonesia Experience” yang didasarkan pada 5 senses yaitu sight, sound, smell, taste, and touch, menyebabkan Garuda Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan maskapai penerbangan lainmemperkenalkan sistem hiburan AVOD terbaru (Audio Video on Demand) dengan televisi di setiap kursi, terutama dalam armada jarak jauh.
2.      Garuda juga memperkenalkan kursi kelas bisnis yang dapat diubah menjadi tempat tidur pada penerbangan jarak jauh.
3.      Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia Garuda saat ini mengoperasikan 89 pesawat yang terdiri dari 3 pesawat jenis Boeing 747-400, 6 pesawat jenis Airbus 330-300, 5 pesawat jenis Airbus 330-200 dan 33 pesawat jenis B737 Classic (seri 300, 400, 500) dan 42 pesawat B737-800 NG
4.      Garuda mempunyai 36 rute penerbangan domestik dan 26 rute internasional
5.      Memiliki tim yang terdiri dari individu-individu yang handal, profesional, kompeten, berdaya saing tinggi dan helpful serta dilandasi atas nilai-nilai FLY-HI (eFficient & effective, Loyalty, customer centricitY, Honesty & openness, and Integrity) disetiap insan Garuda Indonesia
6.      Memiliki teknologi informasi yang mutakhir dalam menjalankan bisnis sehingga menempatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan dengan TI tercanggih di Indonesi
7.      Perusahaan memasuki lingkungan global
            Ada beberapa cara yang dilakukan Garuda Indonesia untuk memasuki lingkungan global antara lain :
1.      Garuda Indonesia telah mendapatkan sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA). Hal ini membuktikan bahwa maskapai ini telah memenuhi standar internasional di bidang keselamatan dan keamanan.
2.      Garuda Indonesia telah meluncurkan layanan baru yang disebut "Garuda Indonesia Experience". Layanan baru ini menawarkan konsep yang mencerminkan keramahan asli Indonesia dalam segala aspek. Untuk mendukung layanan ini, semua armada baru dilengkapi dengan interior paling mutakhir, yang dilengkapi LCD TV layar sentuh individual di seluruh kelas eksekutif dan ekonomi. Selain itu, penumpang juga dimanjakan dengan Audio and Video on Demand (AVOD), yaitu sistem hiburan yang menawarkan berbagai pilihan film atau lagu, sesuai pilihan masing-masing penumpang
3.      Garuda Indonesia sebagai sponsor SEA GAMES 2011
4.      Menjalin kerjasama dengan klub sepak bola LIVERPOOL FC 2013
5.      Bergabungnya Garuda sebagai anggota aliansi global maskapai penerbangan yang bernama SkyTeam Global Airline Alliance pada tahun 2014.
6.      Pangsa pasar Garuda Indonesia di pasar Internasional mencapai 23.2% kendati terjadinya krisis global sehingga Garuda Indonesia tetap menjadi pemimpin pasar untuk area Jepang-Korea-China, Timur Tengah dan South West Pacific (Australia)
7.      Garuda mengedepankan pelayanan prima terhadap pelanggan hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang pernah di raihnya yaitu "World Best Economic Class" dan "World Best Economic Seat Class". Garuda Indonesia menepati posisi ke 8 sebagai maskapai penerbangan terbaik versi Skytrax
8.      Pada bulan agustus 2013 akan membuka rute penerbangan baru ke Papua Nugini

9.      Struktur organisasi Garuda Indonesia

ANALISIS : Perusahaan Garuda Indonesia menggunakan pendekatan fungsional vertikal dalam struktur organisasinya. Hal ini dapat kita lihat dari gambar diatas yang merupakan pengelompokkan posisi kedalam departemen berdasarkan kemampuan, keahlian, dan kegunaan sumberdaya. Contohnya pengelompokkan bagian keuangan, bagian SDM & UMUM, bagian operasi secara tersendiri untuk melakukan tugasnya masing- masing

Cara kerja Perusahaan Garuda Indonesia berdasarkan pendekatan fungsional yaitu : Departemen utama dibawah CEO merupakan kelompok – kelompok keahlian dan sumberdaya yang sama, misalnya : layanan, pemasaran dan penjualan , keuangan, operaasi, dan teknik pengelolaan armada. Setiap departemen fungsional di Garuda Indonesia berhubungan dengan penerbangan tersebut secara keseluruhan departemen pemasaran bertanggung jawab atas semua penjualan dan pemasaran dan departemen keuangan bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap seluruh keuangan perusahaan.
            Struktur fungsional yang di terapkan Garuda Indonesia adalah desain vertikal yang kuat. Informasi engalir keatas dan kebawah sepanjang hierarki vertikal dan rantai komando berkumpul di tingkat atas organisasi
            Setiap orang di departemen umumnya berkomunikasi dengan pihak lain di departemen yang sama untuk mengkoordinasi pekerjaan dan menyelesaikan tugas atau mengimplementasikan keputusan yang dialirkan pada hierarki dari manajer tingkat atas
Kelebihan dan kekurangan struktur fungsional di peruasahaan Garuda Indonesia
Kelebihan
Ø  Pengelompokkan karyawan berdasarkan tugas yang sama mendorong terjadinya skala ekonomi dan efisiensi penggunaan sumberdaya pada Garuda Indonesia karyawan yang ahli dalam bidang teknik dikelompokkan menjadi satu departemen dan mereka memiliki kemampuan untuk melakukan pemecahan beragam masalah yang terjadi pada armada Garuda sehingga dapat mencapai tingkat efektif dan efisien yang maksimal
Ø  Rantai komando terkumpul diatas sehingga perusahaan dapat melakukan sentralisai atas pengambilan keputusan dan memberikan arahan seragam dari manajer tingkat atas
Ø  Memberikan pemecahan masalah teknis berkualitas tinggi di karenakan para ahli di kelompokkan dalam satu departemen dan mereka dapat saling berdiskusi
Kekurangan
Ø  Komunikasi yang buruk di antara departemen fungsional
Ø  Respons yang lambat terhadap perubahan eksternal, lambat berinovasi
Ø  Keputusan terkonsentrasi pada hierarki di tingkat atas, menyebabkan penundaan
Ø  Tanggungjawab masalah sulit untuk ditetapkan

           

 


Daftar pustaka
lampiran etika bisnis dan etika kerja Garuda Indonesia Persero Tbk.pdf

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Jika semua yang kita kehendaki terus kita MILIKI, darimana kita belajar IKHLAS Jika semua yang kita impikan segera TERWUJUD, darimana kita belajar SABAR Jika setiap do’a kita terus DIKABULKAN, bagaimana kita dapat belajar IKHTIAR Seorang yang dekat dengan TUHAN, bukan berarti tidak ada air mata Seorang yang TAAT pada TUHAN, bukan berarti tidak ada KEKURANGAN Seorang yang TEKUN berdo’a, bukan berarti tidak ada masa masa SULIT Biarlah TUHAN yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena TUHAN TAU yang tepat untuk memberikan yang TERBAIK Ketika kerjamu tidak dihargai, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETULUSAN Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu kamu sedang belajar KEIKHLASAN Ketika hatimu terluka sangat dalam……, maka saat itu kamu sedang belajar tentang MEMAAFKAN Ketika kamu lelah dan kecewa, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KESUNGGUHAN Ketika kamu merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETANGGUHAN Ketika kamu harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu kau tanggung, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KEMURAH – HATIAN Tetap semangat…. Tetap sabar….

Text Widget